Lacak Handphone Dengan Android Device Manager

Pernah merasa merana ketika handphone (HP)  kita hilang? Atau lupa nyimpan di sudut rumah yang mana? Baru-baru ini saya mengalami hal serupa. Akibatnya, saya merenung diri kenapa kok yak bisa hilang kedua kalinya. Saya pun sampai menyalahkan diri yang ceroboh, teledor deelel. Banyaklah yak.


Hingga seorang teman mengenalkan saya kepada Android Device Manager. Ini keren. Mungkin sudah banyak yang tahu soal ini. Tapi saya kira banyak juga yang tidak tahu dengan aplikasi satu ini. Apalagi saat menggunakannya luar biasa gampang. Asalkan, kita punya akun email yang lokasinya selalu di ON –kan.

Jadi ceritanya, awal Juli  lalu, HP saya lenyap. Tepat jam 10 malam, saya baru sadar di mana si hitam yang selalu saya bawa-bawa. Paniklah saya. Apalagi saat itu kedai sudah sepi. Hanya ada saya, adik ipar, dan dua pengelola gedung. Nyari obrak-abrik ke sana kemari, tak ada. Saya bergeming! Mungkin pelan-pelan hati saya juga mewek. Hingga si pengelola memanggil anak-anak muda yang katanya bisa melacak HP ketika hilang.

Singkat cerita, satu dari tiga pemuda itu menunjukan kepada saya aplikasi ini. Namanya Android Device Manager (ADM). Aplikasi yang bisa membantu kita melacak HP yang tersambung dengan google account kita. 

Aplikasi yang dibuat Google ini hampir ada di semua perangkat android 2.2 ke atas. Tentunya dengan Google App terinstalasi. Nah, apa saja yang bisa dilakukan si canggih ini?

Melacak HP hilang

Saat handphone saya hilang, hal pertama yang harus saya lakukan adalah login email saya yang aktif di HP lain atau komputer. Setelah itu akan muncul seperti ini :

FOTO: Eli Kamilah


Kamu bisa langsung masuk ke alamat ini yak https://www.google.com/android/find

Pastikan nama merek HP yang kita cari sesuai. Biasanya seh ada HP yang lain terdeteksi juga, jika email kita dibuka di dua android.  Setelah itu tinggal klik search di mana lokasi HP kita berada. Di sisi kanan akan ada peta, dan di sisi kiri ada tiga pilihan.

Play Sound. Artinya HP akan berdering meskipun dalam posisi senyap.
Lock. Artinya memblokir nomor HP, pesan dan nomor-nomor yang ada.
Erase. Menghapus semua data yang ada di HP kita. Ini berguna jika HP kita jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab.

Jika sudah muncul di layar. Tinggal search perangkat. Pilih Play Sound. HP akan berdering selama lima menit, meski HP kita senyapkan. Peta akan menunjukan di mana posisi HP kita. 

Jika lokasi sudah bisa diketahui, bisa tekan Stop Ringing. Kita juga bisa pilih Lock, kalau HP tidak bisa ditemukan. Hal itu sebagai antisipasi untuk mengunci data-data yang ada di HP kita. Cukup klik "Lock It" masih di menu Play Sound. 

Meski sangat membantu, namun ADM juga punya keterbatasan. Diantaranya melacak HP yang tidak aktif, merusak data yang ada di HP, mengendalikan HP ata mengetahui lokasi HP ketika direset.

Semoga bermanfaat :) 


Komentar

  1. waduh seneng banget nemu info ini. Saya sering lupa naruh HP , Mbak..Hadeeh. Jadi tahu sekarang caranya...Makasih infonya yaa:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer