Taukah Kamu? Ini Tentang Chernobyl

Kota Chernobyl


 "Bencana nuklir, yang terjadi pada tahun 1986 (tahun setelah aku lahir), berdampak pada banyak orang, termasuk keluarga saya ketika kami tinggal di Italia. Awan debu nuklir menyapu ke arah barat ke arah kami. Polisi Italia berkeliling dan membuang semua produk lokal dan ibu saya bergegas keluar untuk membeli sebanyak susu kaleng mungkin untuk memberi makan saya, bayi laki-lakinya."

Hal ini menyebabkan begitu banyak penderitaan ratusan mil jauhnya, sehingga saya tidak bisa membayangkan bagaimana menakutkan itu akan menjadi bagi ratusan ribu warga Ukraina yang terpaksa mengungsi.
 

Itu adalah kisah dalam film dokumenter yang dibuat Danny Cooke. Pembuat film dari Inggris tersebut  membuat video, yang disebut "Kartu pos dari Pripyat, Chernobyl," Dia menjelajahi kota dengan menggunakan drone. Rekaman drone melukiskan gambaran mengerikan dari Chernobyl Exclusion Zone, hampir 30 tahun setelah satu bencana nuklir terburuk di dunia tersebut.

Gambar memberikan wawasan kota yang membusuk, dan terputus, setelah Chernobyl Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir meledak di April 1986. 




Cooke menghabiskan tiga dekade, dengan panduan yang disebut Yevgen. Dia menghabiskan seminggu menjelajahi kota. (National Post)

Selalu ada yang menarik dari Chernobyl, 

Baru baru ini, para ilmuwan memiliki foto yang diyakini sebagai bukti pertama adanya beruang coklat dalam zona eksklusif Chernobyl di Ukraina Utara. Foto tersebut diambil dengan sebuah kamera perangkap Oktober lalu yang digunakan untuk melihat dampak radiasi radioaktif terhadap satwa liar. Beruang coklat tidak terlihat di daerah tersebut sejak lebih dari satu abad, meskipun tanda-tanda kehadiran mereka pernah ditemukan (BBC) ... WAH WAH

Sepenggal sejarah Chernobyl,

Ada kota tak berpenghuni di Ukraina Utara. Kota itu ditinggalkan ribuan penduduknya karena radiasi dari pembangkit tenaga listrik nuklir yang meledak tahun 1986. Bencana itu disebut bencana Chernobyl, sesuai nama kota di Oblast Kiev dekat perbatasan Belarusia.

Ceritanya, 26 April 1986 silam, reaktor 4 di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl didekat kota Pripyat, Ukraina, meledak. Ledakan itu terjadi pada 1:23 dini hari ketika warga kota tetangga Pripyat sedang tertidur. Dua pekerja tewas seketika. 40 jam kemudian, penduduk Pripyat diperintahkan untuk mengungsi, dan jangan pernah kembali, pada saat itu, banyak warga telah menderita keracunan radiasi berbagai tingkat. 










Komentar

Postingan Populer