Aku Ibunya dan Kamu Ayahnya. Itu Jelas ...

Faiq Agha Anaqi
Kamis, 1 Januari 2015

For My Anaqi's ***

Masih senang baca dunia parenting. Waiting books yang akan saya baca salah satunya, Anakku tiket surgaku, dan Thank God Im Woman.

Ada pertanyaan yang mengganggu saya selama ini. Tentang peran mendidik yang selama ini dibebankan pada Ibu atau wanita.

Memang jika diartikan sempit rasanya tak adil. Beban berdua ditanggung bersama. Baru baru ini pemerintah juga berencana memajukan dan mempercepat jam kerja bagi pegawai perempuan agar bisa pulang lebih cepat dan berangkat agak siang. Tujuannya agar ibu bisa mengasuh dan mendidik anak mereka. Wapres Jusuf Kalla mengeluarkan wacana bahwa perempuan menyusui dan yang memiliki anak maksimal usia 6 tahun pulang 2 jam lebih awal dari pekerjaannya.

Gemah Ghazi Anaqi
Banyak kritikan muncul, berbagai pertanyaan diajuakan, Semisal Bukankah pria punya tanggungjawab yang sama? Bukankah tangungjawab itu harus dipikul berdua?

Jawaban saya adalah ...

Jika saya melihat positif hal tersebut, maka saya berpendapat bahwa saya sepakat anak wajib di didik kedua orang tuanya.

Tetapi ...

Berbicara tentang wanita dan pria. Keduanya tentu memang beda ya bukan membeda-bedakan. Tugas, kodrat, ataupun tanggungjawab berbeda satu sama lain.

Ibu dan Ayah sama sama bertugas mendidik anak anak mereka. Namun saya melihat tugas mereka dalam mendidik berbeda.

Saya pikir, ibu dan ayah harus memberi porsi peran yang seimbang. Jika terkait memberi pendidikan dan mendidik.

Ayah ... bekerjalah, cari rizki yang halal, kumpulkan uang sebanyaak banyaknya, agar aku bisa sekolah lebih tinggi, agar biaya pendidikanku terpenuhi.

Ibu ... sediakan waktumu untukku, bantu aku untuk belajar tentang semua hal, mengenal banyak hal dan bersabarlah buatku. Karena kau tau ditiap umurku, akan ada luapan lumpahan emosi, benturan karakter dan kebutuhan akan kasih sayang, rasa aman dan dicintai.

Meskipun kedunya bisa bertukar peran masing-masing, dan membagi tugas mereka demi anak. Kompak dan bekerja sama. Namun, satu hal yang pasti, ada tugas yang Ibu akan lebih dominan berperan disana, pun sebaliknya.

@Utan Kayu Office


Komentar

Postingan Populer