Tanda Warna Pada Kemasan Pasta Gigi, Ternyata ...

Sebenarnya saya orang yang teliti, walau ngga teliti sekali. Tapi kemarin, tanpa sengaja saya membaca postingan soal label warna pada pasta gigi. Dalam postingan yang saya baca itu, disebut perlunya mewaspadai produk pasta gigi. Isinya secara garis besar menjelaskan bahwa strip berwarna pada bagian bawah kemasan bisa diartikan sebagai kode bahan aktifnya.

Karena saya, dan suami sedang membiasakan mengosok gigi rutin untuk si kakak, ya penasaran dong jadinya, pasta gigi seperti apa yang saya pakai. Setelah membaca itu saya langsung lari ke kamar mandi, dan melihat garis wana yang ada di pasta gigi kami dan si sulung.

Dalam postingan itu dijelaskan bahwa strip warna hijau artinya pasta gigi mengandung bahan alami. Adapun warna biru artinya campuran bahan alami plus obat, merah artinya bahan alami plus bahan kimia, dan warna hitam artinya hanya dibuat dari bahan kimia. Wah .... pasta gigi saya biru, sementara pasta gigi suami  dan si kakak, merah.

Jadi artinya ? #buru-buru buka google :D

  • Hijau  : Natural.
  • Biru     : Natural + Medicine.
  • Merah : Natural + Chemical composition.
  • Hitam : Pure Chemical
 Jadi yang harus di waspadai adalah HITAM? betulkah?

Ternyata setelah searching beberapa artikel, ini dia kesimpulannya :

1. Tanda strip di bawah kemasan pasta gigi itu hanya untuk memudahkan pabrik memotong dan memberi lipatan saja, bukan menjadi pertanda adanya bahan-bahan di dalamnya. Komposisi yang benar dari bahan-bahan pasta gigi sudah jelas terdapat di kemasan,

2. Kode hitam yang ada di tube berfungsi sebagai tanda bagi sensor mesin pembuat kemasan untuk mengetahui dimana posisi untuk melipat dan menyegel (hot press) bahan. Sebelum menjadi tube, bahan tube berupa lembaran polos yang kemudian di printing, dipotong, dilipat, dan kemudian disegel.

3. Strip warna itu hanya untuk kepentingan packaging. Yang penting adalah bahan aktif yang bisa bermanfaat untuk kesehatan gigi dan sesuai dengan standar yang ditentukan BPOM, jadi harus yang sudah teregistrasi oleh BPOM. Kadar fluoridenya untuk dewasa 1500 ppm (part per million), kalau anak-anak 500 - 600 ppm.


Begitulah kira-kira ... dan postingan itu ternyata sudah ada sejak 2013. Muncul lagi di 2015. Entah maksudnya apa posting judul yang diawali " Waspadai "

Heeee .... Bikin serem ajahh

@UKU Office, July, 9, 2015
03.30 pm

Komentar

Postingan Populer