Mamah, Cepatlah Sembuh

Setiap lebaran tiba, yang kami lakukan adalah memagang kue, membuat ketupat, opor ayam sayur cabe dan sambal goreng kentang.

Ada beberapa varian yang kami buat. Mulai dari nastar nanas bentuk buah-buahan, putri salju, telor gabus manis, stick keju, kue coklat panggang, sampai kacang bawang. Tak lupa ada kue bolu panggang sesuai selera kami masing-masing. Saya suka kue bolu coklat dan keju, adik perempuan saya suka bolu coklat, dan kedua adik laki-laki saya suka kedua-duanya.

Masakan khas lebaran sampai kue kering dan bolu, semua dibuat Ibu tercinta. Mamah kami. Dia selalu siap menyediakan berbagai hidangan khas keluarga saat lebaran. Saya ingat waktu itu nenek masih hidup. Mamah sering membuat lima bolu panggang untuk nenek dan masing-masing anaknya.

Itu dilakoni mamah, sampai saya menikah. Ketika saya menikah pun, kue-kue dan sajian tamu dibuatnya sendiri. Mamah memang luar biasa. Waktu itu seingat saya bulan April, tahun 2007. Sudah hampir 8 tahun saya menikah. Kini, saya tinggal dengan dua putera dan suami, jauh dari kota kelahiran saya di paris van java.

Untuk tahun-tahun berikutnya saat lebaran, saya dan suami selalu bisa pulang. Bahagianya disajikan masakan mamah. Sajian yummy dengan bumbu "cinta" itu memang tak ada tandingannya yak. Mamah pun sering membuat beberapa inovasi ketika membuat masakan dan kue-kuenya. Saya ingat betul es pisang coklat buatan mamah. Kue bintang coklat buatan mamah. Pindang tongkol dan tumis genjer cabe gendot buatan mamah. Ahhhh.... itu semua itu, ingin rasanya dekat dengammu mah.

****
Lebaran tahun ini, bau panggangan kue tak ada lagi. Harumnya kue coklat keju hangat tak bisa kucium lagi. Mamah sakit, dan aku disini jauh. Jantungnya membengkak ketika mamah kecapain. Usianya memang tak lagi muda. Tapi mamahku tak pernah menyerah dalam hidup. Mamah baru bisa memulai usahanya saat senja. Itu dilakukan karena saya dan adik-adik harus sekolah. Biaya itu didapat bapak dan mamah dengan bekerja keras.

Mamah dan bapak bukan orang dengan pendidikan tinggi. Tapi mereka menyekolahkan saya dan adik-adik hingga perguruan tinggi. Mereka tak menuntut saya harta. Asal saya bahagia, itu kata mereka. Sungguh menyesal bagi mereka yang menyia-nyiakan orang tua selagi masih ada. Bahagiakan mereka, muliakan mereka dan bersabar atas mereka ketika mereka senja.

Mamah cepatlah sembuh :) we need u

@Uku Office, 03.00pm
16 Juli 20
















Komentar

Postingan Populer