"Fly Me To The Moon" dan "Alhamdulillah"



Alhamdulillah - Wani Feat. Juzzthin

Komposer : DJ Fuzz/Raqib | Penulis Lirik : Adik Viral/ Zizi/ Juzzthin

Walau genggamannya kuat
Tapi bukan milik kita
Akan terlepas jua

Tak ada yang lebih baik
Tak ada yang lebih cantik
Beroleh keredhaannya

Kau karuniakan rasa
Cinta sesama manusia
Hadapi segala dugaan
Bila jiwa rasa lelah
Ambil nafas dan senyumlah
Kerna langit masih cerah

Reff : Ku bersyukur, Alhamdulillah
Ku beruntung, Alhamdulillah
Waajiburni, Alhamdulillah
Selama lamanya

Indah cinta pada bahagia
Bila berduka tak mesra
Lagi kekal cintanya
Bersyukur bukannya susah
Hanya bukti beribadah
Ucapkan Alhamdulillah (back to Reff)

*Rap* (Juzzthin)
*Assalamualaikum kita bertemu lagi
Jodoh pertemuan syukur atas hadrat illahi
Bertemu berpisah hari berganti pagi
Rezeki ada yang lebih itu kita nak cari
Ingat dan mengingati sesama insan
Kalau lama tak jumpa 'Man HowYou Been Son?'
Dan belas ihsan saling mengerti
Buat apa pun pertamakan budi pekerti
Bereti lagi baik kita memberi
Kerna itu yang akan buat hidup bererti
Mengejar dunia pasti takkan adanya henti
Jauhkan dari sifat cemburu api dan dengki

***
Lirik lagu itu punya peruntukannya. Ada yang lagu buat orang patah hati, jatuh cinta, penyemangat, inspirasi, kisah nyata, renungan, bahkan perjuangan. Semuanya punya segmennya sendiri-sendiri. Saya misalnya lebih suka lagu yang temanya menginspirasi, atau lagu yang liriknya puitis tapi tidak lebay. Hehehe.

Beberapa bulan terakhir saya sedang tergila gila dengan dua lagu baru dan lagu jadul yang dinyanyikan lagi bocah kecil yang suaranya Wow. Dua lagu ini, ada dideretan teratas dalam daftar putar saya :D

Lagu pertama, yang saya tulis liriknya di atas. Judulnya Alhamdulillah. Milik Wani. Penyanyi asal Malaysia. Kalau dilihat dari video officialnya dan liriknya, lagu ini sebagai bentuk renungan, pembelajaran, pengingat dari sesuatu yang sudah ada, sudah terjadi sebelumnya.

Nur Syazwani adalah artis yang diasah bakatnya melalui laman Youtube. Ia mulai dilirik setelah video cover song yang dimuat naik di laman Youtube dan mendapat reaksi positif khalayak. 

Lagu ini diawali dengan latar perempuan paro baya asal Aceh yang kehilangan tiga anaknya akibat tsunami 2014 silam. Saat itu dia berdoa, "Berikanlah saya satu saja Ya Allah, dari anak anak saya. Niscaya saya akan bersyukur." Seminggu pascatsunami, satu anaknya ditemukan selamat. Alhamdulillah.

***

"Walau genggamannya kuat. Tapi bukan milik kita. Akan terlepas jua"


Hanya tiga kalimat pendek. Tapi menurut saya artinya mendalam. Terkadang manusia sulit untuk ikhlas atau mengikhlaskan sesuatu. Sebabnya, karena memang manusia menganggap semua miliknya. Jika mengklaim itu kepunyaan manusia, maka bisa dipastikan, jika itu hilang, sedihnya bukan main. Sakit hatinya dalam sekali, dan terkadang sampai merana berhari hari. Bagi saya, lirik ini "renungan" yang membuat diri saya kembali sadar, semua yang ada dalam diri kita, sekeliling kita, keluarga, anak, suami, ayah, ibu, dan saudara bukan milik kita. Itu harus dikembalikan. Jika yang punya meminta, meski ikatannya kuat. Tidak bisa ada yang mencegah. Innalillahi wa innailahi ronjiun. Sesungguhnya kepada Allahlah kita semua dikembalikan.

***

"Bila jiwa rasa lelah. Ambil nafas dan senyumlah. Kerna langit masih cerah"

Banyak jalan menuju roma. Banyak jalan juga membenahi hati kita. Menentramkan kembali karena kehilangan. Dan yakin masih ada harapan.

Lirik ini mengajarkan, sepenggal usaha yang bisa kita lakukan. Masih tiga kalimat pendek, tak bertele-tele. Orang yang mendengarnya pun, saya yakin sekilas akan membekas. Iya, cukup tersenyumlah dulu dan pandanglah langit yang masih cerah. Langit abu abu pasti akan kembali putih membiru ;)

***

"Ku bersyukur, Alhamdulillah. Ku beruntung, Alhamdulillah. Waajiburni, Alhamdulillah. Selama lamanya. Ku bersyukur, Alhamdulillah. Ku beruntung, Alhamdulillah. Waajiburni, Alhamdulillah. Selama lamanya."

REFFnya sederhana. Cukup ucapkan Alhamdulillah. Berterima kasih untuk semua yang diberikan. Lirik ini menurut saya kuat, terkesan "memaksa"diri untuk ridho akan semua. Memaksa untuk belajar ikhlas. Akhirnya jika kita mengucap hamdallah, yakin kita akan bersyukur untuk semua yang sudah dimiliki. Untuk semua harapan, untuk semua pemberian, nafas yang panjang, waktu luang dan kesempatan memperbaiki yang salah dan khilaf :)

***

Nah, satu lagu yang membuat saya wow. Selain liriknya, musiknya juga asyik. "Fly Me To The Moon" lagu ini dinyanyikan bocah 8 tahun, Angelina Jordan. Suaranya itu wowwwww banget deh :D

Sebetulnya, boomingnya Jordan udah dari dua tahunan lebih. Lagunya juga jadul banget. Awalnya tak suka neh lagu. Gara gara gadil cilik ini, suaranya khas.
Ini liriknya


Fly me to the moon
Terbangkan aku ke bulan
Let me play among the stars
Biarkan aku bermain di antara bintang
Let me see what spring is like
Biarkan kumelihat seperti apa musim semi
On Jupiter and Mars
Di Jupiter dan Mars
In other words, hold my hand
Dengan kata lain, genggam tanganku
In other words, baby, kiss me
Dengan kata lain, kasih, cium aku
Fill my heart with song
Penuhi hatiku dengan lagu
And let me sing forever more
Dan biarkan aku bernyanyi selama-lamanya
You are all I long for
Hanya kau yang kudambakan
All I worship and adore
Yang kupuja dan kukagumi
In other words, please be true
Dengan kata lain, jujurlah
In other words, I love you
Dengan kata lain, aku mencintaimu

***

Sekilas Soal Fly Me To The Moon

Lagu ini milik Francis Albert Sinatra. Sinatra atau lebih dikenal dengan Frank sinatra. Dia adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat dan aktor pemenang Piala Oscar.

Memulai karier musiknya di era musik Swing bersama Harry James dan Tommy Dorsey, Sinatra menjadi penyanyi solo yang sukses di era tahun 1940-an. Ia menjadi idola remaja saat itu yang menjuluki diri mereka "bobby soxers".

Ketika Sinatra berusia lima puluh tahun pada tahun 1965, ia merekam album retrospeksi berjudul September of My Years dan memenangkan Grammy Award Best Album Of The Year. Lagu-lagunya "Strangers in the Night" dan "My Way" meledak di pasaran di dekade 1960. Ia berupaya untuk bertahan di tengah-tengah perubahan selera dalam musik pop.

Lagu  “Fly Me to the Moon” ditulis oleh Bart Howard pada tahun 1954 dan pernah dibawakan oleh beberapa penyanyi lain selain Frank Sinatra, yaitu Kaye Ballard, Portia Nelson, Nat King Cole, Tony Bennet, Connie Francis dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat Frank Sinatra merekamnya pada tahun 1964 dan menjadi hits, lagu ini kemudian bukan lagi ‘sekedar’ lagu cinta yang manis tapi juga didedikasikan untuk para astronot  Apollo dalam misi perjalanan ke bulan yang berhasil membuat mimpi manusia untuk bisa terbang ke bulan menjadi nyata.

Lagu manis ini memang bercerita tentang terbang ke bulan tapi sebenarnya waktu pertama kali dibawakan pada tahun 1954 oleh Felicia Sanders dalam kabaret musik judulnya adalah “In Other Words”,  kalau kemudian lebih populer dengan judul “Fly Me to the Moon” itu karena mengambil kalimat awal dari lirik lagu itu.

***

Lagu Fly me to the moon juga dinyanyikan gadis cilik asal Norwegia, Angelina Jordan. Jordan merupakan pemenang Norwey’s Got Talenat tahun 2014. Saat itu dia menyanyikan lagu bergenre jazz. Dari sanalah, gadis cantik ini mendapat perhatian dunia.

Liriknya buat yang sedang jatuh cinta. Buat yang lagi kangen kangenan sama seseorang, dan merasa bersyukur karena memiliki seseorang.

"Fly me to to the moon"~ terbangkan aku ke bulan~ menurutku rada hiperbola, tapi itulah ungkapan, yang menggambarkan "in other words, hold my hand"~Dengan kata lain, genggamlah tangganku~ terlepas dari awal mula lagu ini diciptakan.

Lirik ini menggambarkan bagaimana seseorang yang tengah jatuh cinta, seseorang yang dipenuhi dengan kekaguman pada orang lain, seseorang yang ingin selalu bersama dan mengungkapkan perasaan cintanya ;)

#ini menurutku, entah kamu ;) happy weekend ;))

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Frank_Sinatra
https://tantikris.wordpress.com/2009/04/05/fly-me-to-the-moon/




Komentar

Postingan Populer